Cara Bisnis Online Yang Menguntungkan Melalui Marketplace - Minletian - Portal Media Informasi

Friday, 8 February 2019

Cara Bisnis Online Yang Menguntungkan Melalui Marketplace

Permintaan belanja online semakin meningkat tiap tahunnya. Tak tangung-tanggung hal ini menjadi ladang sendiri bagi para online shop. Ternyata hal ini terjadi karena semakin murah dan cepatnya koneksi internet di Indonesia. Oleh karenanya bisnis online shop menjadi peruntungan besar sendiri di masa depan. Salah satu peruntungan itu dengan cara bisnis online melalui marketplace.

Cara Bisnis Online Yang Menguntungkan Melalui Marketplace

Cara bisnis online marketplace pun mengalami perkembangan pesat. Bisnis online konvensional ini pun mendapatkan ruang tersendiri di hati para konsumen. Marketplace sendiri merupakan tempat bertemunya seller dan konsumen yang telah disediakan oleh pihak e-commerce. Cara bisnis ini sangat menguntungkan lho. Penasaran? Yuk simak ulasan tentang keuntungan bisnis melalui marketplace.

Beberapa Cara Bisnis Online Yang Menguntungkan Dengan Marketplace
Markateplace sering disebut sebagai penengah untuk segala jenis transaksi. Lalu gimana cara bisnisnya? Simaklah cara bisnis melalui marketplace di bawah ini bagi Anda yang masih pemula.

1. Menyiapkan Produk Yang Paling Terbaik

Kualitas produk merupakan prioritas utama dalam menjalankan bisnis. Terutama untuk bisnis yang memang menawarkan produk-produk bekas. Ada keuntungan sendiri saat menjajakan produk yang berkualitas. Konsumen akan semakin tertarik dengan produk yang berkualitas baik dan unik. Sehingga bisnis online Anda pun layak bersaing di pasaran.

2. Menyertakan gambar dan Definisi Produk

Fotolah produk dengan angle foto yang paling baik. Sertakan pula definisi produk dengan kalimat yang singkat dan jelas. Di sini lah konsumen akan tertarik atau tidak dengan produk Anda. Semakin keren dan menarik tampilan produk, tentunya akan semakin memikat konsumen. Karena semua berawal dari kesan pertama yang dilihat oleh mata.

3. Download Aplikasi Market Place

Untuk kenyamanan Anda saat menjalankan bisnis online shop. Langkah terpenting adalah dengan mendownload aplikasi market place di smartphone Anda. Lalu mulailah mendaftarkan diri Anda sesuai petunjuk yang sudah berlaku. Mendownload aplikasi dalam smartphone sangat membantu karena Anda dapat terkoneksi dengan konsumen dimana pun dan kapan pun.

4. Mengupload Foto Terbaik

Sangat penting untuk menambahkan foto terbaik dalam setiap penjualan. Setiap konsumen pasti akan memiliki kecenderungan memilih produk yang tampak baik. Meski begitu Anda harus tetap menggunakan foto asli. Jangan hanya menampakkan foto terbaik saja. Namun barang yang sebenarnya tidak layak untuk digunakan.

5. Sertakan Nomor Rekening Pembayaran

Hal urgent dalam transaksi melalui marketplae yang tidak boleh terlewat adalah nomor rekening. Bagaimana Anda dapat menerima fee penjualan apabila tidak menyertakannya. Biasanya Anda tidak akan langsung menerima pembayaran dari calon konsumen. Melainkan fee Anda akan tersimpan di bagian saldo.

Beberapa Marketplace di Indonesia Yang Bisa Digunakan
Ada 4 marketplace yang sering digunakan di Indoensia. Diantaranya seperti berikut di bawah ini:

1. Buka Lapak

Buka lapak adalah salah satu marketplace di Indonesia yang sering digunakan. Buka lapak menyediakan berbagai macam produk. Serta dapat melayani pembelian di seluruh Indonesia secara kolektif maupun satuan.

2. Tokopedia

Tokopedia ini lebih dikenal sebagai perusahan teknologi. Perusahaan ini seperti halnya market place lain. Hanya saja tokopedia memiliki misi untuk memeratakan ekonomi masyarakat. Tak kalah dengan buka lapak, toko pedia menjadi market place yang banyak dikunjungi.

3. Lazada

Market place lain yang bisa Anda gunakan adalah lazada. Lazada digadang-gadang sebagai marketplace terbesar di Asia. Karena di tahun 2016 tercatat bahwa lazada memiliki total nilai $1,36 miliar di seluruh pasar Asia.

4. Shoppe 

Merupakan market place yang hari ini tengah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Shopee ini berdiri pada tahun 2009. Perusahaan shopee berpusat di Singapura di bawah kepemimpinan SEA group. Pimpinan shopee bernama Chris Feng.

5. Elevenia

Situs belanja online ini menyuguhkan konsep marketplace terbuka. Dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pembeli. Serta didukung oleh keamanan yang sudah terjamin. Elevenia ini berdiri pada bulan Februari 2015. Di Indonesia marketplace ini menduduki nomor 23.

6. Blibli

Blibli merupakan marketplace dari produk pertama PT Global Niaga. PT Global Niaga ini merupakan anak kandung dari perusahaan Djarum. Blibli ini didirikan pada tahun 2010. Bergerak pada bidang digital.

7. JD Indonesia

JD Indonesia atau yang sering disebut JD.ID ini merupakan marketplace yang beroperasi di Jakarta. JD.ID disebut-sebut sebagai toko B2C terbesar di China. Karena mampu melayani transaksi dengan jumlah yang besar.

Baca Juga : Mengulas Beragam Keuntungan Bisnis Online dan Properti yang Perlu Anda Ketahui

Selamat mencoba berbisnis dengan marketplace. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda selama proses bisnis Anda. Tak ada kesuksesan yang instan. Bersabar dan teruslah berkarya. Demikian ulasan mengenai cara bisnis online yang menguntungkan melalui marketplace.

No comments:

Post a Comment