Panduan Memilih Lensa Kamera Digital - Minletian - Portal Media Informasi

Monday, 22 October 2018

Panduan Memilih Lensa Kamera Digital

Lensa Kamera - Saat Anda membeli sebuah kamera digital DSLR, membeli lensa merupakan salah satu cara menginvestikan lensa Anda. Meskipun kamera digital Anda dapat ketinggalan zaman saat teknologi baru datang, namun lensa kamera digital tetap dapat terus digunakan dan merupakan salah satu komponen penting dalam fotografi.

Lensa Kamera

Memilih lensa tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti jenis kamera yang Anda miliki. Bagaimana sih memilih lensa kamera digital yang benar? Yuk ikuti beberapa panduan memilih lensa berikut:

Periksa kamera digital Anda

Periksalah kamera digital Anda untuk mengetahui apakah kamera tersebut memiliki full-frame sensor yang merupakan sensor yang hanya dapat bekerja dengan lensa tertentu saja seperti kamera digital Canon. Atau pada kasus Nikon yang dipotong resolusinya. Kamera digital yang memiliki model full-frame sensor antara lain Nikon D700, Nikon D3, Canon 5D, Canon 1Ds dan Sony A900.

Tentukan panjang fokus

Anda harus menentukan panjang fokus yang dibutuhkan, misalnya wide-angle lens dengan ukuran 18 mm, cocok digunakan untuk mengambil gambar lasdscape atau panorama atau telephoto lens dengan ukuran 300 mm atau lebih dapat digunakan untuk mengambil foto binatang liar atau  olahraga.

Cek aperture dari lensa

Periksa aperture atau lubang lensa yang akan dibeli. Biasanya ukuran standar aperture lensa adalah f/2,8 yang sangat ideal untuk menangkap cahaya rendah.

Baca Juga : Mau Menjadikan Smartphone Android Jadi Remote TV? Ikuti Caranya Disini

Sementara sebagain besar zoom lens memiliki aperture sebesar f/3.5 sampai f/5.6.

 Lens mounts

Masing-masing produsen kamera memiliki lens mount masing-masing dan tidak dapat digunakan untuk merek kamera digital lainnya. Misalnya, Anda tidak dapat menggunakan lensa Nikon untuk digunakan di kamera Canon. Namun Anda dapat menggunakan merek lensa kamera independen seperti Sigma atau Tamron.

35MM compatibility

Kebanyakan sensor kamera digital lebih kecil daripada 35 mm, itulah mengapa lensa kamera digital dapat dirancang lebih kecil dari 35 mm. Walaupun lensa pra-digital dapat digunakan untuk kamera DLSR, namun hasilnya tidak terlalu memuaskan.

Anti goyang

Mustahil untuk memegang kamera dengan stabil tanpa peralatan dukungan, walupun dengan faster shutter speeds goyangan tersebut tidak terlalu terlihat di gambar. Lensa kamera digital yang sudah menerapkan teknologi anti goyang adalah Canon dengan optical image stabilization dan Nikon dengan vibration reduction.

Buiilt-in focus motor

Beberapa produsen lensa telah mengabungkan motor pada lensanya untuk menetapkan autofocus. Biasanya lensa kamera digital yang memiliki motor sendiri dapat menetapkan fokus lebih cepat daripada yang tidak mempunyai motor. Produsen lensa yang telah memiliki motor sendiri antara lain Canon dengan USM (ultrasonic motor), Sigma dengan HSM (hypersonic motor) dan Nikon dengan Sonic Wave.

Selain ke 7 hal tesebut, pertimbangkan Anda memeriksa produsen lensa kamera digital independen seperti Tamron, Tokina dan Quantaray. Meskipun lensa kamera digital mereka tidak sebagus produsen aslinya, beberapa lensa kamera digital buatan mereka juga memiliki kualitas yang bagus. Harga yang ditawarkan juga tidak semahal aslinya, sehinga Anda dapat menghemat uang Anda.

No comments:

Post a Comment