Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir - Minletian - Portal Media Informasi

Wednesday, 31 October 2018

Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

Untuk para ibu, terutama para ibu muda yang baru saja memiliki bayi. Kekhawatiran ketika mengurus sang buah hati pasti ada. Terutama ketika bayi baru lahir. Berbagai hal terasa menakutkan dan juga mendebarkan. Mulai dari merawat hingga memandikan bayi. Memandikan bayi baru lahir ini memang cukup riskan. Ada banyak sekali resiko yang bisa terjadi. Misalnya saja terjadi masalah kulit karena tidak memilih sabun bayi yang aman sampai melakukan cara memandikan bayi yang keliru.

Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

Kekhawatiran tersebut tentu saja normal terjadi. Terutama pada ibu muda. Namun tentunya, mempelajari bagaimana cara paling aman memandikan bayi baru lahir juga bisa dilakukan. Di bawah ini, kami memberikan beberapa langkahnya.

1. Bak mandi khusus

Gunakan bak mandi khusus untuk memandikan bayi. Memandikan dengan bak mandi hanya dilakukan pada bayi baru lahir yang sudah lepas tali pusat. Ketika tali pusat masih belum lepas, sebaiknya mandikan bayi di meja atau permukaan lain.

Bak mandi khusus ini dirancang dengan bagian dalam anti slip. Selain itu juga akan ada bagian untuk menopang kepala serta leher bayi.

2. Suhu air

Cara lain untuk aman ketika memandikan bayi baru lahir ini, dengan memastikan suhu air yang digunakan. Ketika memandikan bayi, pastikan suhu air hangat tak lebih dari 37 derajat celcius. Lebih dari suhu ini, maka air akan terlalu panas untuk bayi. Kamu bisa menggunakan termometer khusus untuk memastikan suhu air mandi.

Selain suhu air, pastikan kedalaman air hanya sekitar 5 cm saja dari dasar bak.

3. Sabun yang tepat

Menggunakan sabun bayi yang aman sudah pasti dianjurkan. Sabun bayi yang aman ini tidak memiliki kandungan bahan berbahaya serta memiliki pH seimbang untuk kulit bayi. Selain itu juga, sabun seharusnya tidak memberikan rasa pedih di mata serta lembut ketika digunakan.

Baca Juga : Mengulas Syarat Keamanan dalam Memilih Ayunan Bayi

Bila sabun bayi membuat kulit terasa kesat atau pun tertarik, ini berarti kandungan pH tidak tepat. Sebaiknya jenis sabun ini diganti karena beresiko membuat kulit bayi mengalami iritasi.

No comments:

Post a Comment