Perbedaan VCD, CD dan DVD - Minletian - Portal Media Informasi

Friday, 7 September 2018

Perbedaan VCD, CD dan DVD

Menyaksikan film atau mendengarkan musik merupakan suatu aktivitas hiburan yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Menyaksikan film atau mendengarkan lagu-lagu favorit dapat dilakukan untuk melepas penat dan rasa jenuh setelah beraktivitas. Berbagai macam sarana penyimpanan data yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati fasilitas hiburan tersebut diantaranya yaitu melalui VCD, CD dan juga DVD yang Anda miliki di rumah. Masing-masing memiliki beberapa keunikan dan penjelasan berbeda yang harus Anda ketahui untuk menambah wawasan. Berikut ini penjelasan mengenai ketiga jenis media penyimpanan tersebut, yaitu:
Gambar terkait

  • VCD atau Video Compact Disc.

Yaitu sebuah kepingan media penyimpanan khusus yang menyimpan data dalam bentuk suara, video dan gambar bergerak. Informasi yang terdapat dalam VCD biasanya berisi film-film dalam berbagai kapasitas tergantung dari isi dari data film masing-masing. Selain identik dengan film, VCD juga dapat berisi album musik yang disertai dengan video atau tampilan visual, baik itu karaoke ataupun video klip dari lagu bersangkutan. Jadi dengan kata lain, media ini sangat cocok bagi Anda yang suka menikmati hiburan dalam bentuk musik ataupun film dan lainnya.

  • CD atau Compact Disc.

Yaitu sebuah media penyimpanan data yang bisa menyimpan berbagai data berupa suara, file tulisan, gambar, video dan lainnya dengan kapasitas tertentu. Compact Disc memiliki kapasitas sekitar 700 MB. Media penyimpanan ini merupakan generasi pertama pengganti disket di masanya. Saat ini pemakaian Compact Disc sudah cukup tenggelam dibandingkan dengan DVD yang notabene memiliki space atau kapasitas yang lebih besar dengan kecepatan yang lebih tinggi dan menunjang berbagai data bagi penggunanya.

  • DVD atau Digital Versatile Disc.

Yaitu media penyimpanan data yang dapat menampung berbagai jenis data dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan Compact Disc. DVD memiliki kapasitas mencapai 4,7 GB. Hampir sama dengan Compact Disc, DVD juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data, mulai dari file tulisan, gambar, video, suara dan lain sebagainya. Karena memiliki kapasitas yang cukup besar, tentu saja data yang ada di DVD akan lebih banyak dibandingkan dengan Compact Disc yang populer sebelumnya.

Pada dasarnya, kepingan penyimpanan optik terdiri dari CD dan DVD. VCD hanyalah sebuah istilah yang ditunjukkan untuk media penyimpanan Compact Disc atau Digital Versatile Disc yang menyimpan file video dan audio di dalamnya. Secara garis besar, perbedaan antara Compact Disc dan Digital Versatile Disc bukan hanya terletak pada kapasitas yang dimiliki masing-masing media. Namun Compact Disc dan Digital Versatile Disc juga berbeda dari segi ukuran ketebalan, kecepatan gelombang sinar laser hingga kecepatan perputaran penggunaannya. Hal inilah yang membuat DVD tidak bisa dimainkan di CD-ROM, tetapi DVD-ROM support untuk memutar atau memproses data dari Compact Disc.

No comments:

Post a Comment