Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda di Mulai dari Nol - Minletian - Portal Media Informasi

Monday, 18 June 2018

Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda di Mulai dari Nol

Tidak semua orang lahir untuk menjadi seorang pekerja kantoran, seorang dokter, seorang abdi negara dan lainnya saat mereka dewasa dan menemukan kesuksesan. Apalagi zaman sekarang ini, pengusaha bukan hanya bagi orang yang sudah sukses dan memiliki umur dewasa ataupun umur yang sudah lansia. Namun, mahasiswa sudah mengenal istilah pengusaha dan menjadi pengusaha muda. Walaupun masih dalam skala kecil, beberapa juga ada yang menjadi pengusaha besar di umur muda. 
 

Untuk menjadi seorang pengusaha muda terdapat beberapa hal yang harus dicapai, diantaranya adalah:

  • Memiliki tujuan, seorang pengusaha haruslah memiliki tujuan atau goal yang harus dicapai dan menghindari hal-hal yang dapat membelokkan seseorang dari tujuan awalnya.
  • Proaktif, seorang pengusaha harus memiliki tingkat inisiatif yang tinggi. Apabila usaha gagal bukan berarti menyerah melainkan mencari peluang lainnya.
  • Belajar dari pengusaha muda terdahulu, mengenali pengusaha-pengusaha sukses, membaca pengalaman atau trik-trik usaha dari pengusaha sukses dapat membantu membuka mindset pengusaha baru.
  • Mencintai apa yang akan dikerjakan, dengan hal ini seorang pengusaha melakukan sesuatu dengan niat yang tinggi.
  • Siap gagal dan memiliki mental yang kuat untuk menerima setiap resiko dan kemungkinan yang akan terjadi ke depan.
  • Relasi, memperbanyak teman akan memperbanyak jaringan untuk membuka jaringan usaha terhadap orang terdekat dan terjauh sekalipun.
  • Peluang, memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Kiat-kiat ini dapat dipelajari perlahan apabila ingin menjadi seorang pengusaha muda. Menjadi pengusaha kecil bukanlah hal yang memalukan, melainkan langkah awal menjadi pengusaha besar. Belajar sabar dan menikmati proses merupakan langkah awal untuk sampai kepada tujuan. Pengusaha muda adalah seseorang yang siap dengan proses dan hasil apapun.

Berikut adalah tips memulai bisnis dari nol diantaranya:

  • Mulai dari memantapkan hati dengan pilihan yang akan diambil dan pastikan tidak berhenti ketika mengalami kejadian mengecewakan.
  • Persiapkan modal bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan tren bisnis yang sedang berkembang saat ini.
  • Berpikir ‘out of the box’ sehingga akan memiliki peluang di masyarakat dan menjadi solusi masyarakat perkotaan.
  • Siapkan visi dan misi yang jelas dan memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis didalamnya.
  • Organisir diri supaya dapat mengatur usaha dengan lebih baik.
  • Lebih rajin mencatat hal penting, mendengarkan kritik dan saran, tantangan yang dihadapi dalam mengelola usaha.

Selain itu juga perlu fokus pada satu bisnis, supaya usaha pertama ini benar-benar stabil. Selalu siap menghadapi berbagai kemungkinan buruk yang mungkin dapat terjadi kedepannya. Tetap terbuka terhadap dalam setiap evaluasi sehingga akan memperbaiki berbagai kekurangan dan juga tetap belajar dan cepat puas terhadap hasil yang sudah ada. Perhatikan modal usaha dan juga peluang usaha supaya usaha mendapatkan konsumen yang ditargetkan. Saat menentukan target pasar sebaiknya juga menentukan lokasi strategis untuk usaha menguntungkan.

No comments:

Post a Comment