Syarat dan Tips Mendapatkan Perumahan Murah di Bandung - Minletian - Portal Media Informasi

Tuesday, 26 June 2018

Syarat dan Tips Mendapatkan Perumahan Murah di Bandung

Memilih hunian idaman, ternyata tak semudah itu lho! Apalagi saat kamu mengincar perumahan murah di Bandung, tentu butuh usaha ekstra agar mendapatkannya.Pertimbangan memilih rumah dengan harga murah, jelas tidak boleh sembarangan. Jangan sampai kamu mendapatkan hunian dengan kondisi yang tak layak.Berdasarkan SNI 03-1733-2004 tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan, lokasi perumahan harus memenuhi ketentuan yang sesuai dalam Rencana Tata Ruang Wilayah. Kriteria tersebut meliputi:

- Keamanan
- Kesehatan
- Kenyamanan
- Keindahan/ keserasian/ keteraturan (kompatibilitas)
- Kriteria fleksibilitas
- Keterjangkauan jarak
- Lingkungan berjati diri
- Kejelasan status kepemilikan yang memenuhi persyaratan administratif, teknis dan ekologis.

Ketika memilih perumahan murah di Bandung misalnya, kamu wajib mempertimbangkan lima hal di atas supaya nyaman saat menghuni rumah tersebut.

Jangan Abaikan Syarat Penting Saat Memiliki Rumah!

perumahan murah di bandung

Setiap syarat penting di atas, mewakili penjelasannya masing-masing.Bermula dari keamanan, di mana lokasi perumahan bukanlah kawasan lindung, olahan pertanian, hutan produksi, daerah buangan limbah pabrik, daerah bebas bangunan pada area Bandara, serta daerah di bawah jaringan listrik tegangan tinggi.

Pastikan perumahan Anda bukan salah satu dari kawasan itu.

Lalu kesehatan dan kenyamanan, di mana syarat perumahan harus mewakili kedua hal tersebut.
Kondisi lingkungan yang tercemar bukanlah kriteria layak sebuah perumahan, begitu pula ketika akses, sarana kegiatan dan unsur kenyamanan lainnya tak mendukung.

Satu yang juga pelu dibahas ketika berbicara soal perumahan yakni status kepemilikan. Ini nih yang enggak boleh sampai lupa!Sama dengan jenis properti lain, lokasi perencanaan perumahan harus berada pada lahan yang jelas status kepemilikannya dan memenuhi persyaratan administratif, teknis dan ekologis.

Jangan sampai kamu bermasalah di tengah-tengah masa kepemilikan, misalnya terlibat sengketa atau terkena penipuan dari pihak pengembang.CNN Indonesia pernah bikin berita soal 53 orang di Bandung yang jadi korban kasus penipuan oleh pihak pengembang PT. Bandung International Property, kelompok usaha Syna Group.

Modusnya, pengembang menawarkan rumah dengan harga di bawah pasaran. Lalu calon konsumen membeli lewat skema cicil langsung kepada pengembang.Namun naas, rumah yang dijanjikan terbangun pada Februari 2018 itu tak kunjung terealisasi.

Baca Juga : Info Rumah Kost Murah Di Bandung 2018

Alih-alih sudah berdiri kokoh, rumah yang menurut rencana dibangun di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung tersebut nyatanya masih berupa sebidang tanah.
Sedih, ‘kan? Duh, semoga kita tidak mengalami kejadian semacam ini, ya...

Tips Ampuh Menemukan Perumahan Murah di Bandung

Setelah memahami persyaratan di atas, saatnya kamu menerapkan tips ampuh agar bisa menemukan perumahan murah di Bandung!Enggak perlu repot-repot, mudah saja kok. Pelajari caranya di bawah ini:

1. Pahami Informasi Perumahan Secara Mendalam

Kamu bisa cari tahu informasi secara langsung dari warga sekitar terkait pembangunan perumahan murah di Bandung yang sudah diincar sejak dahulu.Ketahui seluk-beluknya secara mendalam. Lebih bagus kalau kamu bisa bertemu salah satu pihak pengembang rumah dan berbincang perihal rumah dengan rinci.

2. Memahami Kondisi Lingkungan Sekitar

Keadaan lingkungan di sekitar calon rumah perlu diperhatikan, terutama untuk akses dan fasilitas pendukung seperti tempat ibadah, sekolah, pasar, dan lain-lain.
Kondisi sosial lingkungan juga perlu dipikirkan karena kamu bakal menempati rumah alam waktu yang tidak sebentar

3. Periksa Kondisi Fisik Rumah

Periksalah kondisi fisik bangunan secara detail, khususnya pada kondisi dinding, struktur rumah, kualitas lantai, atap, listrik, air, hingga sirkulasi udara.

4. Cek Kelengkapan Dokumen dan Persyaratan Lain

Periksa keaslian dokumen seperti setifikat, Izin Mendirikan bangunan (IMB), serta bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Selain itu pastikan nama penjual dan nama yang tertera di dokumen adalah sama. Apabila terdapat perbedaan nama, tanyakan status hubungannya.

***
Yuk, kita sama-sama pahami syarat serta tips di atas saat mencari perumahan murah di Bandung. Selamat berburu hunian idaman, ya!

No comments:

Post a Comment