Inilah Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Traveling di Luar Negeri - Minletian - Portal Media Informasi

Tuesday, 26 June 2018

Inilah Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Traveling di Luar Negeri


Traveling adalah bertamu ke ‘rumah’ orang. Baik traveling dalam negeri maupun ke luar negeri, apa yang Anda lakukan adalah bertamu. Selayaknya bertamu tentu saja ada adab-adab yang harus Anda ikuti karena masing-masing tempat memiliki budayanya masing-masing.Misalnya saat Anda berlibur ke Jepang, negara yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat dan kearifan lokal yang sangat anggun.

Beberapa budaya bahkan berbanding terbalik dengan budaya lain. Suatu kebiasaan yang dianggap lancang di satu daerah mungkin menjadi hal yang lumrah di daerah lainnya. Anda sebagai pribadi yang terikat dengan daerah Anda tentu membawa nilai-nilai dan kebiasaan daerah Anda. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin terjadi cultural shock ketika bepergian ke daerah atau negara lain. Pastinya tak mau kan liburan Anda berantakan dan tiket pesawat ke Jepang menjadi sia-sia, gara-gara kurang menghormati kebudayaan lokal? Untuk mengatasi hal tersebut, berikut lima tips sederhana yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah.

Inilah Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Traveling di Luar Negeri


1.     Pelajari kebiasaan setempat

Hal yang paling mendasar saat traveling adalah mempelajari kebiasaan atau karakteristik warga lokal. Pastikan segala tindakan Anda selama berada di negeri orang tidak menyinggung nilai-nilai yang dianut di daerah tersebut. Anda dapat bertanya kepada yang sudah berpengalaman atau belajar dari para travel bloggers.

2. Pelajari bahasa setempat

Tidak semua warga lokal memahami Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bahasa setempat. Tidak perlu mempelajari secara utuh. Cukup pelajari kosakata-kosakata atau frasa-frasa penting saat traveling seperti menanyakan lokasi atau menanyakan transportasi apa yang harus digunakan.

3. Bersikap ramah

Selayaknya tamu maka Anda harus pintar dalam menempatkan diri. Sebisa mungkin perlakukan warga lokal dengan ramah. Tidak perlu berlebihan, cukup dengan senyuman saja. Tidak perlu juga untuk menggunakan nada ketus atau nada tinggi saat menolak tawaran dari warga lokal.

4. Bertanya

Pepatah “malu bertanya sesat di jalan” adalah sebuah fakta. Apabila Anda hendak menuju suatu destinasi namun tidak memiliki pengetahuan maka jangan ragu untuk bertanya dengan ramah. Ini lah gunanya belajar bahasa warga lokal sehingga Anda akan semakin mudah mendapatkan jawaban.

5. Jaga diri
Turis adalah sasaran empuk dari tindak kejahatan. Sendiri di negeri orang tanpa penolong membuat pelaku kejahatan sengaja menargetkan turis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kejahatan timbul akibat adanya kesempatan. Apabila Anda tidak memberikan kesempatan tersebut, kemungkinan besar Anda akan terhindar dari kejahatan.

Contohnya adalah dengan meninggalkan barang berharga di loker hotel dan pergi hanya dengan membawa identitas serta uang cash serta kartu transport. Selain itu perlu juga berhati hati dalam menggunakan gadget di kawasan sepi.

Kini, Anda sudah mengetahui lima aturan dasar dalam bertandang ke negeri orang maka jangan ragu lagi untuk traveling. Kini traveling juga semakin mudah dan murah karena banyak maskapai yang menawarkan harga tiket yang terjangka. Jadi tunggu apa lagi? Segera mulai catatan traveling Anda!

No comments:

Post a Comment