5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Aktivitas Puasa Tetap Lancar - Minletian - Portal Media Informasi

Sunday, 3 June 2018

5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Aktivitas Puasa Tetap Lancar

Menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan memang sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam yang memang mampu, diantaranya adalah sehat lahir batin, sudah memasuki usia baligh dan juga tidak memiliki halangan, misalnya adalah menstruasi pada wanita. Hanya saja karena ibadah yang satu ini mengharuskan diri untuk tidak makan selama kurang lebih 13 jam, tak jarang diantaranya cara yang salah menyebabkan Anda bukannya sehat, melainkan justru terserang beberapa macam masalah kesehatan, seperti diantaranya adalah lambung. 
 
 
Organ tubuh yang satu ini memang jadi salah satu yang paling riskan mengalami masalah saat berpuasa, apalagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit lambung bawaan, penyebabnya sangat beragam, salah satunya adalah pola makan sahur yang salah. Bagaimanapun tidak enaknya rasa makanan saat sahur tiba, namun penting untuk tetap melakukan sahur sehingga ada energi untuk melakukan aktivitas ketika tengah berpuasa.

Namun agaknya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk sahur, sehingga tidak menyebabkan masalah pada ibadah Anda, diantaranya adalah:

  • Karbohidrat sederhana, contohnya adalah menu makanan yang terlalu manis layaknya permen, coklat, softdrink dan juga kue, bagaimanapun meski mengenyangkan dan mampu meningkatkan kadar gula darah, namun menu makanan yang satu ini hanya akan membuat tubuh menjadi mudah lapar lagi ketika tengah berpuasa, bahkan dalam beberapa kondisi juga berbahaya untuk lambung Anda, karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Makanan pedas, menu makanan pedas memang bisa membuat Anda menjadi lebih berselera ketika makan, namun bukan pilihan yang baik untuk sahur, karena justru akan menyebabkan tubuh cepat mengalami dehidrasi, bahkan pada beberapa orang akan membuat perut sakit dan harus bolak-balik ke kamar mandi, akibatnya tubuh jadi lemas.
  • Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, contohnya adalah daging merah, menu yang memang kaya akan kandungan protein begitu juga dengan lemak yang ada di dalamnya, menyebabkan sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga efek sampingnya adalah terjadi diare.
  • Menu makanan asin, rasa asin di dalam makanan dikarenakan kandungan garam yang sangat tinggi, hal ini akan membuat tubuh menjadi mudah haus, tak hanya itu, efek jangka panjangnya juga bisa memicu terjadinya masalah pada pembuluh darah seperti sumbatan, sehingga dapat membuat jantung bermasalah.
  • Makanan dan minuman dengan kandungan kafein, mempercepat terjadinya kenaikan asam lambung sehingga berdampak pada kesehatan pencernaan, pada beberapa kondisi bisa menyebabkan terjadinya diare, namun juga dapat memicu masalah lambung seperti penyakit maag.

Lebih aman mengkonsumsi menu makanan sehat seperti sayur dan juga buah, juga ditambah karbohidrat kompleks untuk menjaga tubuh tidak cepat lapar ketika tengah berpuasa selama seharian penuh.

No comments:

Post a Comment