Tips Cari Kamera DSLR Bekas Agar Mendapatkan Barang yang Masih Bagus - Minletian - Portal Media Informasi

Tuesday, 22 May 2018

Tips Cari Kamera DSLR Bekas Agar Mendapatkan Barang yang Masih Bagus


Kamera bagi orang yang mencintai maupun berprofesi di bidang fotografi sangatlah penting. Umumnya kamera jenis profesional seperti mirrorless maupun DSLR lebih sering digunakan untuk mendapatkan hasil fotografi yang bagus dan berkualitas. Bagi beberapa orang untuk memiliki kamera DSLR terbilang cukup sulit untuk dijangkau. Harganya yang cukup mahal terkadang menyurutkan keinginan untuk memilikinya dalam waktu dekat. Sehingga tak jarang bagi sebagian orang yang menginginkan kamera profesional satu ini harus bersusah payah mengumpulkan uang terlebih dahulu. Jika Anda membutuhkan kamera DSLR dalam waktu dekat ini, sebenarnya ada beberapa tips cari kamera DSLR yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan membeli kamera DSLR second atau bekas.

Membeli kamera bekas memang terbilang susah-susah gampang. Susah untuk orang yang cukup awam mengetahui seluk beluk tentang kamera, namun gampang untuk yang sudah ahlinya mengenali komponen kamera dengan baik. Membeli kamera second membutuhkan ketelitian agar Anda mendapatkan barang yang masih bisa bekerja dengan optimal (layak pakai) atau mendukung kegiatan fotografi Anda. Jika Anda sedang berniat mencari kamera DSLR bekas dan bingung harus melakukan apa saja, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda tidak tertipu.

Tips Cari Kamera DSLR Bekas Agar Mendapatkan Barang yang Masih Bagus


1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya.
Sebelum memutuskan membeli kamera second yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lakukan survei informasi seputar kamera DSLR yang bagus dan berkualitas. Anda bisa mencari informasi dari berbagai situs fotografi yang ada di internet, majalah fotografi, ataupun bertanya pada forum-forum fotografi lokal. Pelajari beberapa kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk kamera DSLR dengan merk dan seri yang berbeda-beda. Pastikan seri yang Anda cari tidaklah terlalu ketinggalan lama, paling tidak kamera keluaran 1 sampai 2 tahun ke belakang.

2. Lakukan COD untuk melihat barang secara langsung.
Jika Anda bertransaksi secara online, cara agar Anda terhindar dari penipuan barang sebaiknya lakukan COD atau Cash On Delivery terlebih yang Anda beli adalah peralatan elektronik berupa kamera. Dengan COD Anda bisa mendapatkan kesempatan mengetahui kondisi kamera yang sesungguhnya.

3. Lakukan pengecekan fisik bodi kamera.
Kondisi fisik pada bodi kamera sangat penting untuk Anda lakukan pengecekan. Hal ini karena umumnya faktor yang mempengaruhi kerusakan di dalam kamera adalah adanya kecacatan pada bodi luarnya. Untuk itu periksalah untuk mengetahui kemungkinan terdapat retak atau lecet pada bodi yang disebabkan karena benturan ataupun terjatuh. Kamera yang sering terjatuh bisa menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya, seperti tombol yang tidak berfungsi, indikator pada bagian monitor yang rusak, dlsb.

4. Tes fungsi kamera.
Agar Anda tidak tertipu dengan kamera second yang Anda beli maka lakukan tes pada fungsi kamera. Anda bisa mengecek untuk pixel, autofocus, lensa kamera, tombol kamera, sensor kamera. 

5. Cek garansi dan kelengkapan.
Tips cari kamera second yang terakhir agar tidak tertipu adalah dengan mengecek garansi dan kelengkapan dari kamera DSLR. Meskipun kondisi bekas, sangat penting Anda menanyakan kelengkapan dokumen dan garansinya. Jika Anda membeli dari orang pertama, Anda bisa mengajukan perjanjian seperti adanya masa garansi dalam beberapa hari karena dikhawatirkan menemui kendala.

No comments:

Post a Comment