Ini Dia 7 Sajian Khas Bulan Ramadhan yang Wajib Anda Coba - Minletian - Portal Media Informasi

Wednesday, 30 May 2018

Ini Dia 7 Sajian Khas Bulan Ramadhan yang Wajib Anda Coba

Setelah menahan lapar dan juga haus selama kurang lebih 13 jam saat berpuasa, maka banyak tentunya yang sudah mengidam-idamkan untuk mencicipi hidangan yang nikmat. Tak bisa dipungkiri jika seandainya Ramadhan memang sangat identik dengan moment berbuka, bahkan pada bukan Ramadhan ini sering kali hadir berbagai macam penjual takjil dadakan di sepanjang jalan bukan, karena banyak masyarakat yang malas untuk memasak sendiri dan lebih senang praktis dengan membeli jadi.
 
 
Ada beberapa jenis kuliner yang memang sangat identik dengan bulan Ramadhan ini, diantaranya adalah:

  • Kolak, merupakan sajian yang terbuat dari bahan dasar santan dan gula yang nantinya diberi berbagai macam varian isi, mulai dari pisang, kacang hijau ataupun labu kuning. Sajian manis yang satu ini dijadikan sebagai santapan utama ketika berbuka, karena rasanya yang manis bisa kembalikan energi yang hilang setelah berpuasa.
  • Kurma, ini merupakan biji-bijian khas dari tanah tandus yaitu Arab, memiliki rasa yang begitu manis, namun jenis glukosa yang terkandung di dalamnya sebenarnya sehat untuk tubuh. Sama halnya dengan kolak umumnya kurma juga dijadikan sebagai sajian utama saat berbuka, untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.
  • Bubur, kebanyakan diantara masyarakat yang ingin menjaga kondisi tubuh tetap sehat, khususnya yang bermasalah dengan kondisi pencernaan akan berbuka dengan bubur, tentunya dalam berbagai macam varian berbeda, nikmat dan juga aman untuk lambung yang bermasalah saat berpuasa.
  • Cincau, yaitu sajian nikmat dari dedaunan yang diambil sarinya kemudian dipadatkan, disajikan dengan kuah santan yang manis, menu yang satu ini bisa sedikit mengganjal rasa lapar setelah berpuasa seharian dan membuat tubuh jadi lebih segar.
  • Gulai kakuwah, ini adalah menu khas Ramadhan yang berasal dari Bengkulu, yaitu sebuah gulai yang terbuat dari bahan dasar ikan air tawar. Agak berbeda dengan menu-menu sebelumnya yang lebih umum disajikan saat berbuka, maka hidangan yang satu ini umumnya akan disajikan saat sahur, sebagai salah satu menu bergizi dan juga dapat menggugah selera.
  • Mie glosor, ini adalah sebuah menu khas dari daerah Bogor yang akan disajikan saat berbuka puasa. Sebenarnya jajanan yang satu ini hanya dijual saat ramadhan tiba, inilah mengapa diidentikkan sebagai salah satu hidangan di bulan Puasa.
  • Es campur, banyak masyarakat yang akan membuat menu manis dan segar ini di saat bulan Ramadhan karena memang bisa membangkitkan kembali tenaga dan memulihkan dahaga setelah berpuasa selama 13 jam penuh.

Pastikan untuk mencicipi semua hidangan khas ramadhan tersebut, tak hanya bisa dibeli di pasaran, melainkan Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

No comments:

Post a Comment