Cara Mengoptimalkan Pendidikan Anak dengan Sistem Home Schooling - Minletian - Portal Media Informasi

Friday, 11 May 2018

Cara Mengoptimalkan Pendidikan Anak dengan Sistem Home Schooling

Ada banyak alasan yang membuat orang tua lebih memilihkan pendidikan home schooling pada buah hati mereka, diantaranya adalah kesibukan si kecil misalnya mereka yang terjun ke dunia entertainer ataupun masalah kesehatan, sehingga buah hati tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas terlalu berat seperti dengan belajar di sekolah formal, sehingga mau tak mau harus menggunakan jasa tenaga pendidik di rumah atau yang lebih dikenal sebagai home schooling ini. 
 
 
Pada dasarnya pendidikan dengan sistem yang satu ini tak kalah bagus dengan pendidikan formal lainnya, hanya mungkin banyak yang menyepelekan, karena nantinya ijazah yang diterima adalah ujian paket C. Mereka tidak bisa mengikuti ujian layaknya anak-anak yang sekolah di sebuah lembaga pendidikan formal pada umumnya. Untuk mengoptimalkan pendidikan buah hati dengan metode home schooling ini, maka berikut ini diantara beberapa tips yang harus dilakukan oleh orang tua, yaitu:

  • Pilihlah guru privat yang tepat untuk mengajarkan pendidikan kepada buah hati di rumah, saat ini memang tak kalah dengan guru yang mengajar di sebuah sekolah umum, maka banyak juga diantara tenaga pengajar tambahan yang bisa dipanggil secara privat ke rumah, namun jangan asal dalam memilih, bisa jadi guru tersebut pintar, namun untuk dirinya sendiri, sebaliknya mereka tidak bisa mentransfer ilmunya kepada orang lain. Untuk itu pilihlah yang berkualitas dengan metode pembelajaran yang mudah dimengerti oleh anak-anak.
  • Sebaiknya orang tua juga ikut belajar, sama halnya dengan pendidikan di sekolah formal, dimana anak-anak tak cukup dengan belajar dari sekolah saja, melainkan juga harus belajar di rumah dibantu dengan orang tuanya, maka Anda juga harus bertindak demikian, dengan tujuan nantinya ilmu yang mereka dapatkan bisa lebih kuat terserap otak, tidak mudah dilupakan.
  • Senantiasa memeriksa perkembangan pendidikan buah hati, harus ada evaluasi yang dilakukan oleh tenaga pendidikan tersebut setiap bulannya, untuk mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan mereka, jika semakin menurun artinya pendidikan yang diberikan masih belum optimal, bisa mencari alternatif guru lainnya.
  • Sering-seringlah bertemu dan konsultasi dengan praktisi home schooling tersebut, jangan asal mempercayakan pendidikan anak pada mereka, tanpa melakukan pengecekan atau kontrol perkembangan dan sejenisnya, karena ini sangat penting. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk sering melakukan diskusi dengan praktisi mereka, mencari tahu permasalahan belajar anak dan solusi yang diberikan. Pastikan juga selalu mengontrol bagaimana pendidikan mereka ketika Anda tidak sempat untuk menemaninya belajar di rumah.

Metode pendidikan secara home schooling ini sekarang juga banyak digunakan oleh para orang tua pada anak-anak di masa preschool, sehingga pendidikan yang mereka dapatkan sedini mungkin lebih banyak sebelum masuk bangku sekolah. Jadi penyerapan ilmu semakin optimal.

No comments:

Post a Comment