Tips Jual Mobil yang Tepat dan Aman - Minletian - Portal Media Informasi

Monday, 30 April 2018

Tips Jual Mobil yang Tepat dan Aman

Jual mobil memang dapat dikatakan gampang-gampang susah, apalagi untuk sebuah mobil bekas. Anda tidak hanya harus menyiapkan beberapa dokumen mobil Anda seperti STNK dan lain sebagainya, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah Anda harus benar-benar tahu spesifikasi dari mobil yang akan Anda jual sehingga aka nada calon pembeli yang benar-benar berminat membeli mobil Anda.


Banyak hal lainnya yang menjadi pertimbangan agar mobil Anda terjual dengan baik dan dengan cara yang aman serta nyaman, berikut beberapa tipsnya:

  • Kondisi mobil,

Hal paling penting bagi Anda yang ingin menjual kendaraan adalah pastikan kondisi mobil Anda terawat dengan baik. Sebab hal inilah yang akan dilihat dan dicek pertama kali oleh orang yang akan membeli mobil Anda. Jika mobil Anda mengalami kecacatan pastinya orang tidak akan berniat membeli mobil Anda dan bahkan banyak yang memutuskan untuk enggan melakukan transaksi lebih lanjut jika sudah melihat kondisi mobil yang sudah tidak baik. Setidaknya jika memang mengalami kerusakan sebelumnya, maka Anda sudah memperbaikinya terlebih dahulu sebelum di jual.

  • Pastikan dokumen lengkap,

Hal selanjutnya yang akan menjadi pertimbangan orang untuk membeli mobil pada saat Anda jual mobil adalah kelengkapan dokumen. Anda harus memastikan kelengkapan dokumen yang berkaitan dengan mobil Anda seperti faktur, STNK, dan BPKB lengkap. Dengan demikian tidak aka nada pemikiran dari calon pembeli bahwa mobil itu merupakan mobil curian melainkan mobil asli kendaraan milik Anda.

  • Pastikan tidak jatuh tempo pajak,

Calon pembeli biasanya akan merasa sungkan untuk membeli mobil Anda jika sudah jatuh tempo, sebab dengan begitu biaya yang akan ditanggung untuk memulihkan STNK jatuh kepada si pembeli karena kepemilikan mobil sudah berpindah tangan. Jangankan untuk yang sudah jatuh tempo, untuk kendaraan yang memiliki tempo yang dekat saja biasanya para calon pembeli mengurungkan niat untuk membelinya sebab dengan resiko yang memang harus membayar uang pajak yang hampir dekat. Solusinya adalah pastikan mobil Anda jangka waktu jatuh temponya masih jauh. Adapun jika waktu jatuh tempo memang sudah dekat dan Anda membutuhkan dana untuk keadaan yang darurat maka pastikan saja Anda bersedia membayar pajak mobil oleh Anda dalam satu kali periode tersebut sebelum STNK berganti nama saat mobil sudah terjual. Dengan kata lain kata deal masih dapat dilakukan dengan persyaratan sesuai kesepakatan.

  • Jual di situs online,

Untuk mempercepat dan mempermudah penjualan mobil bekas Anda agar cepat laku salah satunya adalah dengan memanfaatkan media online yang saat ini banyak digemari oleh orang-orang. Tidak ada salahnya jika Anda memposting mobil yang akan Anda jual tersebut di akun jejaring sosial Anda, siapa tahu akan ada teman di dunia maya tertarik untuk membeli mobil Anda. Namun Anda harus berhati-hati kepada setiap pembeli, pastikan ia sungguh-sungguh dan tidak akan menipu, atau untuk lebih amannya Anda dapat mempostingnya di situs jual beli online yang sudah terpercaya dan menjadi rekomendasi untuk Anda. Karena jejaring sosial sangat besar jaringannya dan cenderung bersifat massif dalam menyebarkan informasi, maka hal itu akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Demikian tips jual mobil untuk Anda agar aman serta nyaman, Anda perlu memastikan bahwa hal tersebut sudah Anda lakukan sebelum Anda memutuskan untuk menjual kendaraan Anda kepada pembeli. Dengan persiapan yang matang tentunya proses transaksi juga dapat dipastikan berjalan dengan lancar.

No comments:

Post a Comment