Tipe Lensa dan Tips Memilih Toko Lensa Kamera yang Terpercaya - Minletian - Portal Media Informasi

Tuesday, 10 April 2018

Tipe Lensa dan Tips Memilih Toko Lensa Kamera yang Terpercaya

Fotografi saat ini sedang menjadi kegiatan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain untuk mengabadikan moment indah yang dilalui, mengambil gambar dengan seni tertentu bisa memberikan kepuasan tersendiri apalagi jika objek yang berhasil di foto terbilang cukup sulit untuk didapatkan. Saat ini untuk memuaskan hobi fotografi maupun kebutuhan fotografi sudah ada jenis kamera digital yang menggunakan kekuatan lensa berkualitas sehingga bisa menghasilkan foto dengan hasil sempurna. Kamera DSLR merupakan type kamera digital yang paling banyak digunakan karena jenis lensa yang dipakai bisa diganti sesuai dengan kebutuhan saat itu. Koleksi lensa bagi pengguna DSLR bisa di dapatkan di berbagai toko lensa kamera yang menyediakan beragam pilihannya.


Bagi Anda yang belum pernah menggunakan DSLR sebelumnya, dan saat ini Anda berencana untuk membeli satu kamera DSLR, umumnya lensa yang akan Anda dapatkan sebagai lensa bawaan adalah jenis lensa standar yang menghasilkan gambar sesuai dengan keadaan yang diambil saat itu. Namun selain lensa standar, masih banyak jenis lensa DSLR lainnya yang turut menentukan kualitas gambar yang akan dihasilkan. Berbagai keperluan komersil seperti iklan misalnya, kurang baik jika hanya diambil menggunakan lensa standar saja. Diperlukan jenis kamera lainnya yang bisa mengambil gambar produk secara detail dari berbagai sudut.

Agar Anda juga bisa menghasilkan berbagai kualitas foto terbaik menggunakan kamera DSLR yang dimiliki, berikut ini adalah beberapa jenis lensa yang dijual di toko lensa kamera baik offline maupun di situs belanja online terpercaya:

  • Wide angle lens.

Seperti namanya, lensa ini merupakan lensa yang pas digunakan untuk tujuan mengambil gambar yang lebar karena menggunakan sudut pengambilan gambar yang besar. Lensa ini cocok dipakai untuk mengambil gambar jajaran orang yang berbaris ataupun panjangnya kereta api. Selain itu jenis lensa ini juga baik digunakan untuk memotret arsitektur atau dekorasi.

  • Zoom lensa.

Secara kasarnya, jenis lensa ini digunakan untuk memperbesar objek yang sesungguhnya kecil. Namun sebenarnya cara kerjanya adalah dengan menyesuaikan framing objek hingga mendapatkan ukuran gambar yang diinginkan. Cocok digunakan untuk mengambil gambar objek kecil misalnya serangga atau objek yang berada jauh dari si pemotret.

  • Telephoto zoom.

Merupakan jenis lensa yang banyak digunakan oleh pemburu berita olahraga ataupun satwa liar. Dengan jenis lensa ini, objek bergerak yang berada di jarak jauh bisa dibidik dengan hasil yang pas, tidak blur dan jelas.

  • Makro lens.

Digunakan untuk mengambil gambar berjarak dekat dengan kamera. Jenis lensa kamera ini banyak digunakan untuk pembuatan foto produk komersil sehingga menghasilkan gambar yang jelas dan presisi. Jika Anda mengambil gambar di luar ruangan, maka objek tetap akan terlihat jelas dengan background yang tampak lebih jauh dari sebenarnya.

Keempat jenis lensa kamera di atas merupakan jenis yang paling banyak digunakan selain fixed lens atau lensa standar. Namun selain dari keempat jenis lensa tersebut masih banyak lagi jenis lensa kamera lainnya. Meski banyak jenis lensa yang ada, namun Anda tak perlu memiliki kesemua jenis lensa tersebut untuk bisa digunakan. Cukup membeli beberapa yang paling dibutuhkan sesuai dengan jenis penggunaan kamera DSLR Anda. Jika hanya digunakan untuk berwisata dan mengabadikan moment dengan keluarga, fixed lens saja sudah cukup untuk pengambilan gambar. Tambahan lainnya bisa dipilih antara wide angle lens atau zoom lens untuk pilihan penggunaan lensa lainnya yang bisa Anda dapatkan di toko lensa kamera terdekat.

No comments:

Post a Comment