Mau Menjadikan Smartphone Android Jadi Remote TV? Ikuti Caranya Disini - Minletian - Portal Media Informasi

Thursday, 1 March 2018

Mau Menjadikan Smartphone Android Jadi Remote TV? Ikuti Caranya Disini

Smartphone alias ponsel pintar yang dimiliki oleh hampir setiap orang sekarang ini memang sangat berguna. Mereka bisa menjadi alat komunikasi, tempat menonton video, mendengarkan musik, menjadi radio, menjadi kamera yang cukup bagus, serta menjadi tempat untuk melakukan kegiatan perbankan. Tapi ada satu lagi fungsi dari ponsel yang Anda kenal sekarang ini, yaitu menjadi remote TV.

Ya, bahkan menjadi remote yang universal untuk memindahkan saluran televisi Anda juga bisa dilakukan oleh peralatan yang satu ini. Tentunya ini bakal sangat berguna kalau saja Anda kehabisan baterai untuk remote sementara Anda belum sempat membelinya. Atau ketika remote televisi Anda sedang rusak, diperbaiki, maupun baru saja jatuh dan terjadi gangguan di fungsinya. Atau bahkan ketika Anda memang sedang malas bergerak mencari remote yang entah ada di mana.

Cara mengubah ponsel Anda menjadi remote TV juga mudah saja, selama Anda menggunakan OS Android tentunya. Kalau menggunakan operating system yang lainnya, mungkin akan sedikit sulit. Jika Anda memakai Android, maka Anda bisa menjadikannya remote untuk segala macam merk televisi yang Anda miliki. Jadi tak masalah kalau Anda memiliki Galaxy Samsung, sementara televisi Anda memakai Sony. Tetap saja Anda bisa menjadikan ponsel tersebut sebagai remote universal.

Untuk caranya, coba perhatikan di ponsel Android Anda tersebut. Di setiap ponsel biasanya ada aplikasi bawaan yang disebut dengan WatchON. Inilah aplikasi ponsel yang fungsinya mengubah alat komunikasi Anda tersebut jadi remote. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

Mau Menjadikan Smartphone Android Jadi Remote TV? Ikuti Caranya Disini


1. Carilah aplikasi WatchON di dalam ponsel Anda dan jalankan aplikasi tersebut.
2. Pilih SELECT COUNTRY or REGION, dan pilihlah negara tempat Anda berada sekarang, yaitu Indonesia.
3. Kemudian akan muncul daftar pilihan TV berlangganan yang Anda gunakan sekarang ini, seperti First Media, Indovision, dll. Kalau Anda tak memakai TV berbayar, cukup pilih Indovision.
4. Akan muncul pilihan untuk Personalize, cukup Skip saja.
5. Muncul pula disclaimer tentang aplikasi. Bacalah, lalu klik Agree.
6. Layar ponsel akan menayangkan berbagai pilihan film. Tapi tak usah perhatikan itu, cukup lihat di tab sebelah kanan atas, cari ikon berbentuk remote.
7. Klik ikon tersebut untuk menyetel TV Anda, kemudian klik Continue.
8. Pilih merk TV milik Anda. Pilih Show Other Brands kalau tak ada.
9. Jika sudah memilih merk yang sesuai, akan muncul gambar televisi dan tombol Power. Klik tombol tersebut untuk menyalakan TV.
10. Jika televisi menyala dengan normal, maka pilih pilihan Yes, this code one work. Jika tidak, pilih send this code once again.
11. Kalau sudah beres, pilih MY TV, dan pilih DONE.

Alternatifnya, kalau ponsel Anda tak memiliki aplikasi WatchON, Anda bisa memakai aplikasi IR Remote. Cara menyetelnya seperti ini:

1. Download dan install IR Remote, kemudian jalankan aplikasi.
2. Di menunya, pilih IR Database, dan pilih merk TV milik Anda (Sony, Samsung, LG, dll).
3. Di layar akan muncul interface seperti remote televisi.
4. Silahkan langsung memakai aplikasi tersebut.

Kalau Anda tak begitu suka menggunakan WatchON karena malas mengaturnya, maka IR Remote bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat ponsel menjadi remote TV. Keduanya sama-sama bisa membuat ponsel jadi remote yang serbaguna, jadi tak terlalu masalah mana yang Anda pilih. Selama ponsel Anda berhasil menjadi remote, maka aplikasi tersebutlah yang paling pas untuk Anda.

No comments:

Post a Comment